Fasilitas Sparkline Pada Microsoft Office Excel 2010

Posted by janudin oke Minggu 0 komentar
Sparkline merupakan fasilitas baru pada microsoft excel 2010 yang berfungsi untuk membuat mini chart kedalam sebuah cells.menggunakan fasilitas ini kita dapat dengan mudah untuk membuat analisa data berbasiskan chart (grafik) yang tampil pada sebuah cells.
Penggunaan fasilitas ini biasanya digunakan untuk mendapatkan informasi berdasarkan chart (grafik) secara singkat tanpa harus mempunyai chart (grafik) pada sheet sendiri. Gambar di bawah ini memperlihatkan penggunaan fasilitas sparkline pada microsoft excel 2010.
Nah, untuk membuat mini chart seperti terlihat pada gambar di atas, dapat anda lakukan dengan cara :

Langkah 1

Jalankan aplikasi microsoft excel 2010. Kemudian buatlah data seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Langkah 2

Selanjutnya, letakkan pointer padacells o5 atau di bawahtekssparkline. Klik tab insert | kliktombol lines pada group sparkline.

Langkah 3

Selanjutnya pada jendela yang tampil, klik tombol range.

Langkah 4

Selanjutnya blok data dari cells c5:n5 kemudian klik tombol back padajendela create sparkline.

Langkah 5

Kemudian klik tombol ok untuk mengakhiri pembuatansparkline.

Langkah 6

Selanjutnya lakukan autofill ke bawah pada sparkline yang baru diciptakan tadi.

Langkah 7

Terakhir lengkapilah table tersebut dengan bingkai (border) dan warna pada judulnya sehingga terlihat seperti gambar berikut.

Langkah 8

Jika kita ingin mengganti jenis chart pada cells tersebut, dapatdi lakukan dengan mengklik cells yang akan di ganti jenis chartnya kemudian klik tab design, lalu ganti jenis chartnya pada kategori type.
Nah dari contoh tutorial di atas cukup mudah bukan untuk membuat mini chart pada microsoft office excel 2010.semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua dan sukses selalu. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Laman

Ubah Bahasamu

[ Arsip Blog ]