Cara Buat Efek Api Menggunakan Mesh Fill Tool (M)

Posted by janudin oke Minggu 0 komentar

Aku iseng mencoba menelusuri Arsip Status dari rekan2 dan tanpa sengaja aku menemukan permintaan dari Mas Bro Andri Dnd,  berdosa kalau tidak di tindak lanjuti, ..hehehehe......!!,




Seperti di bawah ini permintaannya:



Sebenarnya trik ini sangat sederhana, tergantung dari imajinasi Mas Bro sekalian dalam menggambar untuk menghasilkan effect api yang mendekati sempurna.
 Kali ini kitamenggambar dengan menggunakan Fitur Mesh Fill Tool (M) ~dalam kurung M itu berarti dengan tekan M di keyboard kita diarahkan ke fitur/menu ini~

Langkahnya sebagai berikut;

Buat Kotak dengan Rectangle tool (F6)



Buat sketsa api dengan menggunakan Freehand tool (F5) atau Polyline tool, kalau ada yang belum faham caranya klik disini atau disini;





Object kotak beri warna hitam, dan object api beri warna putih dan hapus outline-nya (garis pinggir dengan klik kanan silang (X) pada Color Palette.


Pilih Mesh Fill tool (M), pada Grid size ketik  W=30, H=30, semakin besar yang sampeyan ketikkan maka semakin banyak grid yang tercipta, dan coba  di pelajari menu apa saja yang ada di Property Bar untuk fitur Mesh Fill tool, disitu ada Tranparency ... dsb... dsb..




Beri warna kuning merah hitam selayaknya warna api pada node2 yang ada pada perpotongan Grid dan natinya akan tercipta spectrum dari hasil perpaduan warna tersebut, kemudian geser2 node sesuai dengan imajinasi Mas Bro sekalian.




Untuk menambahkan Grid, klik pada garis vertical atau horizontal, kemudin klik Add intersection atau tekan + pada numpad, maka akan tercipta grid baru. dan jangan lupa pada node-node yang dipinggir warnanya sesuaikan dengan warna Background.




Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini, hasilnya akan mendekati sempurna. selesai... selamat mencoba..


Meskipun tutorial ini sederhana, buat gambarnya yang agak sulit .... hehehehe....

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Laman

Ubah Bahasamu

[ Arsip Blog ]